laporan evaluasi pembelajaran

v\:* {behavior:url(#default#VML);}
o\:* {behavior:url(#default#VML);}
w\:* {behavior:url(#default#VML);}
.shape {behavior:url(#default#VML);}

MAKALAH

PERPUS7_2
Normal
Stapa-07
2
25
2011-04-25T02:13:00Z
2011-05-02T06:05:00Z
2011-05-02T06:05:00Z
20
4242
24186
Tux
201
56
28372
11.5606

Clean
0 pt
0 pt
0
0

false
false
false
0 pt
0 pt

MicrosoftInternetExplorer4

/* Style Definitions */
table.MsoNormalTable
{mso-style-name:”Table Normal”;
mso-tstyle-rowband-size:0;
mso-tstyle-colband-size:0;
mso-style-noshow:yes;
mso-style-parent:””;
mso-padding-alt:0in 5.4pt 0in 5.4pt;
mso-para-margin:0in;
mso-para-margin-bottom:.0001pt;
mso-pagination:widow-orphan;
font-size:10.0pt;
font-family:”Times New Roman”;
mso-ansi-language:#0400;
mso-fareast-language:#0400;
mso-bidi-language:#0400;}

MAKALAH

LAPORAN
HASIL OBSERVASI SOAL (TRY OUT)

DI MI
DARUN NAJAH PAGAK

Makalah ini disusun untuk memenuhi tugas
mata

kuliah EvaluasiPembelajaran PAI

 

Dosen
pengampu :

Drs. H.
Abd. Rouf Cholil, M. Pdi

 

Disusun
oleh :

Kelompok
VIII

Khoirul
Anwar

Minuk
Mudrika

M.
Muflikhun

Syefira
Zainia

 

 

 

JURUSAN TARBIYAH/PAI

SEMESTER
IV/B

SEKOLAH TINGGI AGAMA ISLAM PANCAWAHANA BANGIL

TAHUN
AKADEMIK 2010-2011

 



KATA PENGANTAR

Alhamdulillah dengan rahmat dan
hidayat Allah SWT. Kami dapat menyelesaikan makalah evaluasi penilaian
sekaligus laporan observasi tentang evaluasi pembelajaran yang kita ambil dari
lembaga madrasah ibtidaiyah, tepatnya MI. Darun Najah Pagak, yang beralamatkan
di jl. Masji Roudlol No. 58 lingkungan Bakalan, kelurahan Pagak, dengan lancar
tanpa hambatan sedikitpun.

Dan ucapan Jazakumullah Khoiron
Katsiron, kami sampaikan kepada  Bapak
dosen pengampu Mata Kuliah Evaluasi Pembelajaran, Drs. H. Abd. Rouf Cholili, M.
Pdi yang senantiasa mengajar sekaligus membimbing kami tentang bagaimana cara
menyampaikan kegiatan belajar yang efektif, serta cara penilaian yang sesuai
dengan ketentuan yang berlaku, bukan sekedar menilai, tapi tidak mengandung
unsur-unsur diberlakukan dalam dunia pendidikan.

Tiada apapun yang kami
harapkan, selain makalah sekaligus laporan evaluasi pembelajaran ini dapat
bermanfaat, terutama di kalangan mahasiswa, karena merekalah perbendaharaan
pengetahuan sekaligus calon hura yang profesional, tentunya tidak keluar dari
koridor yang telah ditentukan oleh Kementerian Agama dan Pendidikan.

Bangil,
17 April 2011

Penyusun



DAFTAR PUSTAKA



 TOC \o “1-9″ \t “Heading
3;3;Heading 2;2;Heading 1;1″ KATA PENGANTAR…………………………………………………………………………………………..
PAGEREF _Toc291525818 \h i
08D0C9EA79F9BACE118C8200AA004BA90B02000000080000000E0000005F0054006F0063003200390031003500320035003800310038000000
<!–[if supportFields]><![endif]–>

DAFTAR PUSTAKA…………………………………………………………………………………………..
PAGEREF _Toc291525819 \h ii
08D0C9EA79F9BACE118C8200AA004BA90B02000000080000000E0000005F0054006F0063003200390031003500320035003800310039000000
<!–[if supportFields]><![endif]–>

BAB I PENDAHULUAN…………………………………………………………………………………….
PAGEREF _Toc291525820 \h 2
08D0C9EA79F9BACE118C8200AA004BA90B02000000080000000E0000005F0054006F0063003200390031003500320035003800320030000000
<!–[if supportFields]><![endif]–>

A. Latar Belakang…………………………………………………………………………………………….
PAGEREF _Toc291525821 \h 2
08D0C9EA79F9BACE118C8200AA004BA90B02000000080000000E0000005F0054006F0063003200390031003500320035003800320031000000
<!–[if supportFields]><![endif]–>

B. Rumusan masalah…………………………………………………………………………………………
PAGEREF _Toc291525822 \h 2
08D0C9EA79F9BACE118C8200AA004BA90B02000000080000000E0000005F0054006F0063003200390031003500320035003800320032000000
<!–[if supportFields]><![endif]–>

C.Tujuan Penulisan……………………………………………………………………………………………
PAGEREF _Toc291525823 \h 2
08D0C9EA79F9BACE118C8200AA004BA90B02000000080000000E0000005F0054006F0063003200390031003500320035003800320033000000
<!–[if supportFields]><![endif]–>

BAB II KONDISI OBJEKTIVITAS KELAS………………………………………………………….
PAGEREF _Toc291525824 \h 2
08D0C9EA79F9BACE118C8200AA004BA90B02000000080000000E0000005F0054006F0063003200390031003500320035003800320034000000
<!–[if supportFields]><![endif]–>

BAB III PEMBAHASAN…………………………………………………………………………………….
PAGEREF _Toc291525825 \h 2
08D0C9EA79F9BACE118C8200AA004BA90B02000000080000000E0000005F0054006F0063003200390031003500320035003800320035000000
<!–[if supportFields]><![endif]–>

EVALUASI PEMBELAJARAN………………………………………………………………………..
PAGEREF _Toc291525826 \h 2
08D0C9EA79F9BACE118C8200AA004BA90B02000000080000000E0000005F0054006F0063003200390031003500320035003800320036000000
<!–[if supportFields]><![endif]–>

A.
Pengertian Evaluasi…………………………………………………………………………………
PAGEREF _Toc291525827 \h 2
08D0C9EA79F9BACE118C8200AA004BA90B02000000080000000E0000005F0054006F0063003200390031003500320035003800320037000000
<!–[if supportFields]><![endif]–>

B.
Tujuan dan Fungsi Evaluasi……………………………………………………………………..
PAGEREF _Toc291525828 \h 2
08D0C9EA79F9BACE118C8200AA004BA90B02000000080000000E0000005F0054006F0063003200390031003500320035003800320038000000
<!–[if supportFields]><![endif]–>

B. PELAKSANAAN EVALUASI……………………………………………………………………..
PAGEREF _Toc291525829 \h 2
08D0C9EA79F9BACE118C8200AA004BA90B02000000080000000E0000005F0054006F0063003200390031003500320035003800320039000000
<!–[if supportFields]><![endif]–>

BAB IV LAPORAN ANALISIS SOAL…………………………………………………………………
PAGEREF _Toc291525830 \h 2
08D0C9EA79F9BACE118C8200AA004BA90B02000000080000000E0000005F0054006F0063003200390031003500320035003800330030000000
<!–[if supportFields]><![endif]–>

A. Item Soal……………………………………………………………………………………………………
PAGEREF _Toc291525831 \h 2
08D0C9EA79F9BACE118C8200AA004BA90B02000000080000000E0000005F0054006F0063003200390031003500320035003800330031000000
<!–[if supportFields]><![endif]–>

B. Penilaian……………………………………………………………………………………………………..
PAGEREF _Toc291525832 \h 2
08D0C9EA79F9BACE118C8200AA004BA90B02000000080000000E0000005F0054006F0063003200390031003500320035003800330032000000
<!–[if supportFields]><![endif]–>

BAB V PENUTUP………………………………………………………………………………………………
PAGEREF _Toc291525833 \h 2
08D0C9EA79F9BACE118C8200AA004BA90B02000000080000000E0000005F0054006F0063003200390031003500320035003800330033000000
<!–[if supportFields]><![endif]–>





BAB I

PENDAHULUAN

A. Latar Belakang

Guru adalah insan
yang mulia dan berkedudukan tinggi di mata Tuhan dan mahluknya, karena Guru
merupakan sosok suri tauladan untuk anak didiknya, dan profesi guru sangat
ideal, bahkan ramai di belantika khalayak masyarakat kita terutama bagi para
mahasiswa yang mengambil jurusan Tarbiyah (Pendidikan Agama Islam). Namun tidak
sedikit dari mereka yang masih belum mengecivi akan pengertian guru / pendidik,
sekaligus hal dan kewajibannya sebagai seorang guru yang profesional. Ia itu
didasari dari minimnya mereka aja pengetahuan tentang kebijakan dan
undang-undang yang harus dilakukan oleh seorang guru, bahkan tuntutan yang
wajib dipenuhi guru, guna menjadi guru yang profesional.

Dan salah satu
kewajiban atau persyaratan bagi guru profesional adalah dapat mengetahui, dan
memahami tentang evaluasi (Pengertian, tujuan, dan fungsinya) : kurikulum,
silabus, RPP, Promes, Prota, dan sistem penilaian yang layak diberikan kepada
calon guru. Berikut ini kami membantu sedikit dengan memaparkan dan menjelaskan
tentang evaluasi pembelajaran beserta contoh penilaian pada setiap item soal
yang dibuat oleh guru profesional.

a)
Harapan dan Kenyataan

dalam pembuatan makalah ini, yang telah kami paparkan
sedikit tentang Ruang Lingkup evaluasi pembelajaran, sekaligus tentang contoh
penilaian yang benar, yang harus diketahui oleh para calon guru, dengan harapan
kami dapat membantu perbendaharaan pengetahuan calon guru tersebut, sehingga
mereka mampu mengakses dirinya untuk menjadi seorang guru yang profesional
energik, di dalam kegiatan belajar mengajarnya.

b)
Rencana pelaksanaan

guru yang baik adalah guru yang bisa belajar dari
pengalaman dan kesalahan diri. Dalam menyampaikan kegiatan belajar mengajar.
Tetapi guru tersebut tentunya sudah mempunyai kiat-kiat dan motivasi bagaimana
cara menjadi guru profesional di dalam mencapai kesuksesan dan kelancarannya
tentunya sang guru harus merencanakan atau membuat rancangan sebelum ia memulai
kegiatannya tersebut. Begitu pula kami dalam menyelesaikan makalah Evaluasi
Pembelajaran ini, sebelum dan sesudah kegiatan lapangan yang kami lakukan di
lembaga pendidikan MI. Darun Najah, kami melakukan pendekatan kepada semua guru
dan personal lembaga tersebut, terutama kepada kepala sekolah (kepsek) yaitu
(Bpk.) Sukri, S.Pd guna mendapatkan izin serta demi kelancaran kami di dalam
melaksanakan observasi lapangan, tentunya hal ini kami siapkan sedini mungkin,
agar kegiatan kami tersebut, tidak mengganggu jalan nya kegiatan belajar
mengajar pada lembaga tersebut.

c)
Target atau objek pelaksanaan.

Dalam tugas observasi lapangan kali ini, dan dalam
penyelesaian makalah Evaluasi Pembelajaran, kami memilih lembaga pendidikan MI.
Darun Najah, yang beralamat di desa Bakalan, kelurahan Pagak, Kecamatan Beji
dikarenakan di lembaga tersebut merupakan salah satu lembaga tingkat
percontohan MI. se-kabupaten pasuruan, sekaligus telah mendapatkan keluaran
tingkat I MI percontohan. Karena tempatnya yang strategis juga perpaguyuban
para personil guru di dalam meningkatkan mengelolah anak didiknya sehingga
tidak ada kesalahan bagi kami untuk meragukan sekolahan tersebut.

Dan target observasi lapangan kami adalah kelas V karena
kelas tersebut merupakan salah satu jelas yang bermutu, karena kelas V ini
merupakan kelas persiapan diri dan mental dalam melanjutkan ke kelas penutup
yaitu kelas VI. Dalam observasi ini sengaja memilih kelas V sebagai target
observasi try out kami, dengan tujuan mereka tidak terkejut dalam menghadapi
ujian-ujian penentu di kelas VI dan juga agar ada persiapan sebelum mereka
menjalani tugas kewajiban di kelas VI yaitu ujian nasional (unas) atau yang
sekarang disebut UASBN.

B. Rumusan masalah

Dalam pembuatan
makalah Evaluasi Pembelajaran sekaligus dalam penyelesaian laporan observasi
tentang hasil try out di lembaga pendidikan telah kami cantumkan beberapa
rumusan permasalahan diantaranya :

1. Apa pengertian dari evaluasi itu?

2. Apa tujuan dan fungsi dari evaluasi itu?

3. Bagaimana kondisi objek kelas yang menjadi target dari observasi
itu?

Dan juga dalam
rumusan masalah kami lengkapi dengan analisa soal try out, pembuatan kisi-kisi,
pembuatan soal (terlampir), pelaksanaan evaluasi, penilaian serta analisis.

C.Tujuan Penulisan

1.
Untuk mengetahui pengertian dari evaluasi.

2.
Untuk mengetahui tujuan dan fungsi dari evaluasi.

3.
Untuk mengetahui kondisi objek kelas secara langsung.

Dan juga dapat
memahami dari isi yang terlampir dalam BAB III, diantaranya tentang laporan
evaluasi soal try out, pembuatan kisi-kisi, pembuatan soal (terlampir),
pelaksanaan evaluasi, penilaian serta analisis.



BAB II

KONDISI OBJEKTIVITAS KELAS

Adapun analisis
kesemuanya tentang pelaksanaan try out demi penuntasan makalah evaluasi
pembelajaran akan kami paparkan secara detail dan terperinci baik dari segi
keadaan kelas V, administrasi kelas V, keadaan ruang kelas V, serta keadaan
halaman luar kelas V, serta kami lengkapi dengan foto-foto yang telah kami
akomodasikan sebagai bukti kami dalam melaksanakan observasi Evaluasi
Pembelajaran di LPI MI Darun Najah Pagak, diantaranya adalah :

a)
Suasana keadaan kelas V

Dari penilaian observasi kami di kelas V, kami
menyimpulkan bahwa suasana keadaan kelas V ketika itu sangat baik, asri, dan
tenang meskipun letak ruangannya langsung menghadap matahari. Namun tidak
mempengaruhi semangat siswa/i dalam mengerjakan soal-soal try out yang kami
berikan, selain itu juga dikarenakan banyaknya pajangan-pajangan bergambar yang
dipajang rapi dan teratur disetiap sudut ruang menambah kenyamanan dan keasrian
kelas sekaligus bisa menambah ingatan dan wawasan siswa/i dalam mengenal setiap
objek pengetahuan dari masing-masing pajangan tersebut diantaranya tentang
tokoh-tokoh pahlawan bangsa, kaligrafi arab, gambar para TNI dalam peristiwa
G30S/PKI, Susunan kabinet, serta gambar organ tubuh manusia.

b)
Administrasi kelas V

Adapun administrasi
dan perlengkapan yang ada di dalam kelas V meliputi :

1.
Jumlah meja guru 1 buah

2.
Jumlah kursi guru 1 buah

3.
Jumlah meja siswa/i 18 buah

4.
Jumlah bangku siswa/i 18 buah

5.
Jurnal kelas 1 buah

6.
Data kelas/absen (Bank Data) 1
buah

7.
Papan data administrasi 1 buah

8.
Papan tata tertib 1buah

9.   Papan daftar
piket 1 buah

10.  visi misi 1 buah

11.  Papan reward warning 1 buah

12.  Papan jam kejujuran 1 buah

13.  Foto presiden dan wapres RI 1 buah

14.  Papan absensi siswa 1 buah

15.  Papan tata kerama siswa 1 buah

16.  Garuda pancasila 1 buah

17.  Rak buku+almari+alat kebersihan 1 buah

18.  Pajangan-pajangan terdiri dari :

·
sudut baca

·
pithagoras

·
pembagian

·
perkalian

·
rumus pembagian

·
rumus perkalian

·
papan hasil nilai per mapel

·
gambar susunan gigi

·
gambar metamorfosis

·
gambar jenis-jenis hewan yang
terancam punah

·
papan kaligrafi 7 buah

·
pemandangan 6 buah

·
papan jam kejujuran

·
papan foto biografi presiden RI



Dokumentasi
Invataris Kelas

c)
Keadaan ruang kelas V

adapun keadaan ruang
kelas V setelah kami melakukan observasi, dapat kami laporkan bahwa keadaan
ruang kelas V dalam keadaan baik (tidak rusak) mulai dari pintu, atap, jendela,
maupun lantainya, karena ruang kelas V belum lama direnovasi, jadi gedung
tersebut dalam keadaan baik.

d)
Keadaan halaman luar kelas V

Setelah kami melakukan
observasi, kami dapat mendeskripsikan laporan bahwa keadaan galam luar kelas V
cukup baik yang mana pada tiap depan kelas terdapat bermacam-macam bunga di
dalam pot yang berbeda ukuran, selain itu juga pada tiap depan kelas terdapat
tempat cuci tangan, gambar pemandangan, hewan, yang mana dapat menambah
kenyamanan para siswa/i dan guru pada waktu pelaksanaan kegiatan belajar
mengajar.



BAB III

PEMBAHASAN

 EVALUASI PEMBELAJARAN

Sebelum membahas tentang
pelaksanaa evaluasi pembelajaran maka kami akan menjelaskan terlebih dahulu
tentang Evaluasi Pembelajaran.

A.    Pengertian Evaluasi

Dalam UU
No.20/2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional Bab I Pasal 1 ayat 21 dijelaskan
bahwa evaluasi pendidikan adalah kegiatan pengendalian, penjaminan, dan
penetapan mutu pendidikan terhadap berbagai komponen pendidikan pada setiap
jalur, jenjang, dan jenis pendidikan sebagai bentuk pertanggungjawaban
penyelenggaraan pendidikan.

B.     Tujuan dan Fungsi Evaluasi

Secara
umum, tujuan evaluasi pembelajaran adalah untuk mengetahui efektivitas proses
pembelajaran yang telah dilaksanakan. Secara khusus, tujuan evaluasi adalah
untuk : (a) mengetahui tingkat penguasaan peserta didik terhadap kompetensi
yang telah ditetapkan, (b) mengetahui kesulitan-kesulitan yang dialami peserta
didik dalam proses belajar, sehingga dapat dilakukan diagnosis dan kemungkinan
memberikan remedial teaching, dan (c) mengetahui efisiensi dan efektifitas
strategi pembelajaran yang digunakan guru, baik yang menyangkut metode, media
maupun sumber-sumber belajar.

Depdiknas
(2003 : 6) mengemukakan tujuan evaluasi pembelajaran adalah untuk (a) melihat
produktivitas dan efektivitas kegiatan belajar-mengajar, (b) memperbaiki dan
menyempurnakan kegiatan guru, (c) memperbaiki, menyempurnakan dan mengembangkan
program belajar-mengajar, (d) mengetahui kesulitan-kesulitan apa yang dihadapi
oleh siswa selama   kegiatan belajar dan
mencarikan jalan keluarnya, dan (e) menempatkan siswa dalam situasi
belajar-mengajar yang tepat sesuai dengan kemampuannya.

B.
PELAKSANAAN EVALUASI

 Dalam pelaksanaan observasi lapangan yang kami
laksanakan di lembaga pendidikan islam “MI Darun Najah Pagak” yang
beralamatkan di Jl. Masjid Roudlol No. 58 kelurahan Pagak kecamatan Beji, demi
menuntaskan tugas evaluasi pembelajaran, maka kami melaksanakan observasi di
lembaga tersebut pada tanggal 8 April 2011, dimulai dari pukul 08.20 hingga
pukul 09.30 WIB, dengan lancar dan sukses, awal kami di lembaga, sebelum
melaksanakan try out, kami dijamu sekaligus diberi bimbingan atau wejangan
sekilas tentang lembaga MI. Darun Najah dan tentang cara menjadi pengawas yang
baik dan profesional, sehingga kami tidak merasa takut dan canggung dalam
melaksanakan observasi evaluasi pembelajaran. Dan dari 36 siswa/ kelas V, hanya
33 siswa/i yang dapat mengikuti try out mata pelajaran Aqidah Akhlak, sedangkan
3 siswa/i yang lain tidak dapat mengikuti try out dikarenakan 2 absen tanpa
keterangan, sedang yang 1 sakit.

Selama ujian try out
berlangsung, kami tidak menemukan kendala apapun meskipun waktu itu cuaca tidak
mendukung selama kami melaksanaka observasi, namun ada juga dari beberapa
siswa/i yang kritis dan tanggap dalam menanyakan soal-soal yang sulit
dimengerti menurut kadar kemampuan mereka, namun kami bisa mengatasi dengan
baik.

Adapun dalam pengkoreksian
soal try out, kami serahkan kepada para siswa tersebut, namun terbatas pada
soal Pilihan Ganda saja, dengan tujuan agar siswa dapat bertanggung jawab serta
mampu mengemban amanat dari guru dan temannya, sedangkan untuk soal essay ada
pada pihak pelaksana evaluasi.

Dibawah ini kami laporkan
keadaan suasana selama pelaksanaan try out dalam foto-foto demi tercapainya
kesempurnaan laporan observasi dan sebagai bukti.



BAB IV

LAPORAN ANALISIS SOAL

A. Item Soal

Di dalam pelaksanaan Evaluasi pembelajaran
dengan melaksanakan try out kepada siswa/i kelas V MI Darun Najah yang mana
terbagi kedalam 2 jenis item soal yakni item soal Multiple choice / pilihan
ganda dan item soal essay/uraian, dengan jumlah item soal pilihan ganda
berjumlah 30 item dan 5 item soal essay yang pada awal pembuatan soal dibagi
secara proporsional yaitu :       20% item soal sukar

50% item soal sedang

30% item soal mudah

B. Penilaian

Setelah
tahap pembuatan soal dan dilanjutkan dengan pelaksanaan try out, langkah
selanjutnya adalah tahap penilaian dengan menggunakan rumus yang telah ada yaitu :

SKe=skor interval yang diperoleh

Setelah
di peroleh skor awal (Raw Skor) pada masing-masing item soal, maka dapat
ditentukan Nilai Akhir dengan menggunakan rumus :

B                                  = Benar

S                                  = Salah

o                                  = Option

Skor yang diperoleh      = jumlah skor
pada tiap jenis item soal

Skor maksimal  = skor yang diperoleh apabila benar semua

Keterangan :

C. Analisis Item Soal

Dengan menganalisis
setiap item soal maka akan dapat diketahui item soal yang tergolong mudah,
sedang, dan sukar juga dapat menentukan item soal yang tidak layak digunakan
yakni item soal tersebut termasuk kategori terlalu mudah atau terlalu sukar.

Adapun
langkah-langkah dalam menentukan hal tersebut adalah sbb :

mengurutkan nilai akhir tiap siswa/i mulai dari yang
tertinggi sampai yang terendah.

Menentukan
jumlah individu kelompok atas (WH) dan kelompok bawah (WL) dengan cara mengambil 27% dari tiap kelompok.

Menentukan
Drajat Kesukaran (DK) dan Daya Beda (DB) dengan menggunakan rumus
:

 

keterangan :      WL      = jumlah individu kelompok bawah yang
menjawab salah

WH      = jumlah individu
kelompok atas yang menjawab salah

nL        = jumlah kelompok bawah

nH       = jumlah kelompok
atas

n          = jumlah
kelompok atas atau kelompok bawah

Dengan
catatan :

DK < 25% <!–[if mso & !supportInlineShapes & supportFields]> SHAPE <![endif]–>

<!–[if mso & !supportInlineShapes & supportFields]><![endif]–> item
soal terlalu mudah

DK > 75% <!–[if mso & !supportInlineShapes & supportFields]> SHAPE <![endif]–>

<!–[if mso & !supportInlineShapes & supportFields]><![endif]–> item soal terlalu sukar

Apabila
Daya Beda (DB) berada antara 25% s/d 75% maka mengikuti aturan sbb :

25% – 40% <!–[if mso & !supportInlineShapes & supportFields]> SHAPE <![endif]–>

<!–[if mso & !supportInlineShapes & supportFields]><![endif]–> item
soal “mudah”

41% – 60% <!–[if mso & !supportInlineShapes & supportFields]> SHAPE <![endif]–>

<!–[if mso & !supportInlineShapes & supportFields]><![endif]–> item
soal “sedang”

61% – 75% <!–[if mso & !supportInlineShapes & supportFields]> SHAPE <![endif]–>

<!–[if mso & !supportInlineShapes & supportFields]><![endif]–> item
soal “sukar”

Maka
dengan ketentuan-ketentuan tersebut maka dari data yang kami peroleh didapat :

nL = nH = 27% X 33 = 9

 

DK dan DB

Berhubung
data yang kami peroleh terlalu banyak maka kami mengambil salah satu data
sedangkan data yang lain secara keseluruhan terdapat
didalam tabel.

Contoh :

No.
Item 2       WL     = 8

WH      =
2



TABEL DERAJAT KESUKARAN (DK) & DAYA BEDA (DB)

 

A. Item soal multiple choice (pilihan ganda)

Nomor

Iten

WL

WH

WL+WH

WL-WH

Keterangan

Keterangan

1

2

0

2

2

11

Tll mdh

0.22

Tdk ideal

2

8

2

10

6

56

Sdg

0.67

Ideal

3

3

0

3

3

17

Tll mdh

0.33

Tdk ideal

4

3

0

3

3

17

Tll mdh

0.33

Tdk ideal

5

6

0

6

6

33

Mdh

0.66

Ideal

6

7

2

9

5

50

Sdg

0.56

Ideal

7

6

4

10

2

56

Sdg

0.22

Tdk ideal

8

3

1

4

2

22

Tll mdh

0.22

Tdk ideal

9

1

0

1

1

6

Tll mdh

0.11

Tdk ideal

10

2

0

2

2

11

Tll mdh

0.22

Tdk ideal

11

1

0

1

1

6

Tll mdh

0.11

Tdk ideal

12

2

0

2

2

11

Tll mdh

0.22

Tdk ideal

13

6

2

8

4

44

Sdg

0.44

Ideal

14

8

3

11

5

61

Skr

0.56

Ideal

15

7

1

8

6

44

Sdg

0.67

Ideal

16

2

0

2

2

11

Tll mdh

0.22

Tdk ideal

17

5

2

7

3

39

Mdh

0.33

Tdk ideal

18

8

5

13

3

72

Skr

0.33

Tdk ideal

19

5

3

8

2

44

Sdg

0.22

Tdk ideal

20

6

0

6

6

33

Mdh

0.33

Tdk ideal

21

6

0

6

6

33

Mdh

0.67

Ideal

22

4

0

4

4

22

Tll mdh

0.44

Ideal

23

4

0

4

4

22

Tll mdh

0.44

Ideal

24

4

0

4

4

22

Tll mdh

0.44

Ideal

25

4

0

4

4

22

Sdg

0.44

Ideal

26

7

2

9

5

50

Sdg

0.56

Ideal

27

4

1

5

3

28

Tll mdh

0.33

Tdk ideal

28

5

1

6

4

33

mdh

0.44

Tdk ideal

29

0

0

0

0

0

Tll mdh

0

Tdk ideal

30

6

5

11

1

61

Skr

0.11

Tdk ideal

B. Item soal Essay

Nomor

Item

WL

WH

WL+WH

WL-WH

Keterangan

Keterangan

1

4

0

4

4

22

Tll mdh

0.44

Ideal

2

7

2

9

5

50

Sdg

0.56

Ideal

3

9

2

11

7

61

Skr

0.78

Ideal

4

1

0

1

1

6

Tll mdh

0.11

Tdk ideal

5

4

3

7

1

39

mdh

0.11

Tdk ideal



BAB V

PENUTUP

A. Kesimpulan

Di dalam observasi
Evaluasi Pembelajaran yang kami laksanakan di lembaga pendidikan islam MI Darun
Najah, yang beralamatkan di desa Bakalan, Jl. Masjid Roudloh No. 58 Kelurahan
Pagak, kec. Beji berjalan dengan sangat lancar, dan baik dan juga kami
mendapatkan respon baik, dan ramah, baik dari para susunannya, tetapi juga dari
kepala sekolah lembaga tersebut dan juga para dewan gurunya, sehingga kami
dapat melaksanakan observasi dengan perasaan nyaman dan senang.

Dan sebagai bukti
keberhasilan dan kelengkapan kami dalam melakukan observasi Evaluasi
Pembelajaran. Dalam makalah ini kami cantumkan hasil yang telah kami peroleh
dalam observasi semisal tentang : administrasi dan inventaris kelas, serta
dokumentasi pelaksanaan kegiatan observasi dan situasi klas. Hal inis
semata-mata bertujuan untuk membantu para mahasiswa dalam persiapan skripsi dan
gambaran sebagai guru profesional.

B. Kritik dan saran

Tiada yang sempurna di
dunia, kecuali hanya Allah SWT, begitu pula kami yang dhoif ini karena itu jika
dalam laporan observasi kami, baik dari segi pendahuluan, kata pengantar,
analisis, penilaian serta kosakata yang kurang pantas, kami mohon untuk bisa
memberikan saran dan kritik yang membangun guna perbaikan selanjutnya.

C. Akhir Analisis

Dengan merujuk dari
data yang telah diperoleh, maka dapat diambil kesimpulan sbb:

JENIS SOAL

ITEM SOAL

TLL MDH

MDH

SDG

SKR

TLL SKR

MULTIPLE CHOICE

1,
3,4,8,9,10,11,12,16,22,23,24,25,27,29

5,17,20,21,28

2,6,7,13,15,19,26

14,18,30

 

ESSAY

1,4

5

2

3

 

17

6

8

4

 

Text Box: JENIS SOAL	 ITEM SOAL</p>
<p>TLL MDH	MDH	SDG	SKR	TLL SKR<br />
MULTIPLE CHOICE	1, 3,4,8,9,10,11,12,16,22,23,24,25,27,29	5,17,20,21,28	2,6,7,13,15,19,26	14,18,30<br />
ESSAY	1,4	5	2	3<br />
∑	17	6	8	4″ width=”359″ height=”224″ align=”left” hspace=”6″ /></p>
<table class=



KISI-KISI ULANGAN SEMESTER
GENAP

TAHUN 2010-2011

Mata pelajaran    : Aqidah
Akhlak                                                                             Bentuk soal PG          : 30 item

Kelas                     : V (lima)                                                                                       Isian                            :

Alokasi waktu       : 120 menit                                                                                     Uraian
       : 5 item

Jumlah soal           : 35 item

No.

Kompetensi Dasar

Materi

indikator soal

No. Soal

 

1.

 

 

 

 

 

2.

 

 

 

 

3.

 

 

 

 

 

4

 

 

 

 

5

Menguji kemampuan daya ingat siswa tentang Allah
melalui kalimat thoyyibah

(tarji’)

 

 

 

Menguji kemampuan
daya ingat siswa tentang membiasakan diri bersikap terpuji dalam kehidupan
sehari-hari

 

 

 

Menguji kemampuan
daya ingat siswa tentang berakhlak baik dalam hidup dan bermasyarakat

 

 

 

 

Menguji kemampuan
daya ingat siswa tentang sifat yang harus dijauhi dalam kehidupan sehari-hari

 

 

 

Menguji kemampuan
daya ingat siswa dan kecermatan siswa dalam menjawab soal uraian

 

Al-asmaul husna (nama-nama Allah Al-muhyi, al-mumit,
al-baqi

 

 

 

Akhlak terpuji
(sikap teguh pendirian dan istiqomah)

 

 

 

akhlak terpuji
(membiasakan sikap berakhlak yang baik dalam hidup bertetangga dan
bermasyarakat)

 

 

Akhlak tercela
(membiasakan diri untuk menhindari sifat kikir dan serakah melalui kisah
Qorun)

 

 

semua materi
pembahasan dalam semester genap

 

siswa dapat membedakan dan mencermati jawaban soal
pilihan ganda tentang al-asmaul husnah dengan benar dan tepat

 

siswa dapat
membedakan dan mencermati jawaban soal pilihan ganda tentang materi akhlak
terpuji dengan benar dan tepat

 

Siswa dapat
membedakan dan mencermati jawaban soal pilihan ganda tentang materi akhlak
terpuji (membiasakan berakhlak yang baik dalam hidup bertetangga dan
bermasyarakat

 

siswa dapat
membedakan dan mencermati jawaban soal pilihan ganda tentang materi akhlak
tercela dengan benar dan tepat

 

siswa dapat
mencermati dan menanggapi soal uraian atau irian tentang semua materi
pembahasan pada semester genap dengan cermat, benar dan tepat

 

1 – 5

 

 

 

 

6 – 15

 

 

 

 

16 – 22

 

 

 

 

 

 

23 – 30

 

 

 

 

31 – 35

 



ULANGAN MID SEMESTER GENAP

TAHUN PElAJARAN 2010-2011

Mata Pelajaran    : Aqidah Akhlak Kls/Smst
:
V (lima)/Genap

Nama                    : ……………                 Waktu             : 120 menit

Pokok Pelajaran   : 1. Asmaul Husna          Tanggal           : 08 April 2011

2.
Ahlak Terpuji

3.
Akhlak Tercela

I. Berilah tanda silang pada huruf a, b, c atau d pada
jawaban yang benar !

1. Al-Muhyi
artinya…

a. Yang Maha Mematikan               c.
Yang  Maha kekal

b. Yang Maha Menghidupkan                     d. Yang Maha Memelihara

2. Al-Baqi artinya…

a. Yang Maha Mematikan               c.
Yang Maha Kekal

b. Yang Maha Menghidupkan                     d. Yang Maha Memelihara

3. AL-Mumit
artinya…

a.
Yang Maha Mematikan               c. Yang
Maha Kekal

b.
Yang Maha Menghidupkan                     d. Yang Maha Memelihara

4. Yang dimaksud
dengan pernyataan kembali kepada Allah, ialah…

a. ماشاءالله                                        c. الحمد
الله

b.سبحان
الله
                                     d.إناالله
وإنا إليه
راجعون

5. Ketika kita mengalami musibah, hendaknya kita…

a. Bersabar              b.
Bersedih                   c. Bersyukur                 d. Bertawakkal

6. Teguh pendirian
dalam islam disebut…

a.
Tafahum               b. Amanah                    c. Ta’aruf         d. Istiqomah

7. Anak yang bersikap
teguh pendirian senantiasa …. pesan ibunya

a.
Mengharapkan     b. Melaksanakan c.
mengingatkan d. mendengarkan

8. Pada sebagian
harta kita terdapat hak …

a. Saudara kita       b. Tetangga
kita            c. Fakir miskin d. Umat islam

9. Orang yang suka
berderma, disebut …

a. Bangsaan            b. Relawan                   c. Dermawan                d. Hartawan

10. Beramal hendaknya
dilakukan dengan …

a. Sabar                 b.
Sungguh-sungguh      c. Rasa syukur d. Ikhlas

11. Jika kita sering
beramal, maka …

a. Harta kita akan bertambah                      c.
Kita akan miskin

b. Harta kita akan berkurang                       d.
Kita sering didatangi pengemis

12. Kebajikan dari
dermawan adalah …

a. Berakal               b. Pelit              c. Ingkar                       d. Rakus

13. Sahabat Nabi yang
terkenal dalam mempertahankan imannya adalah …

a. Umar bin khottob                                                c.
Ustman bin affan

b. Bilal bin rabah                                         d.
Anas bin malik

14. Teguh pendirian
artinya …

a. Pendirian dalam keyakinan                      c.
Keyakinan yang tetap

b. Teguh dalam perbuatan                           d.
Keyakinan tentang adanya Allah

15.
Manfaat mempunyai sifat teguh pendirian antara lain …

a. Memiliki rasa tidak percaya diri

b. Tidak mudah putus asa

c. Mudah terbujuk oleh orang lain

d. Tidak mudah terpengaruh tipu daya dan bujukan orang lain

16. Yang disebut
tetangga adalah …

a. Saudara yang dekat

b. Teman akrab kita

c. Orang yang berdekatan dengan rumah kita

d. Orang yang satu kampung dengan rumah kita

17. Termasuk
perbuatan hormat kepada tetangga adalah …

a.
Membantu tetangga yang kesusahan

b.
Menjaga mana baik tetangga

c.
Meminjamkan uang kepada tetangga

d.
Menyetel radio dengan keras

18. Kerukunan
hendaklah diciptakan mulai dari lingkungan …

a.
Pemerintahan      b. Tetangga                  c. Kampung                  d. Keluarga

19. Jika hendak
menceritakan tetangga, ceritakanlah …

a.
Kebaikannya      b. Kehidupannya          c. Kerukunannya          d.
kelakuannya

20. Manusia adalah
makhluk yang bermasyarakat, artinya …

a.
Manusia itu banyak

b.
Manusia itu tidak bisa hidup sendiri

c.
Manusia makhluk ciptaan Allah

d.
Manusia itu terdiri atas laki-laki dan perempuan

21. Orang yang suka
menolong maka orang lain pun akan …

a.
Menolong tetangga                                  c.
Menerimanya

b.
Berterima kasih                           d.
Menolongnya

22. Dalam hidup
bermasyarakat kita harus bersikap amanah, amanah artinya …

a.
Menepati janji     b. Dipercaya                 c. Adil                          d. Bijaksana

23. Terlalu hemat
mengeluarkan harta benda disebut …

a.
Kikir                   b. Rakus                       c. Tamak                      d. Qona’ah

24. Orang yang
terkenal dengan sifat kikir dan serakah adalah …

a.
Fir’aun                b. Namrud                    c. Umayah                    d. Qorun

25. Kikir artinya …

a.
Suka memberi sesuatu dengan pamrih kepada orang lain

b.
Terlalu hemat mengeluarkan harta benda

c.
Ringan tangan

d.
Suka berfoya-foya

26. Lawan dari sifat
kikir adalah …

a.
Bakhil                 b. Hemat                      c. Jujur                         d. Dermawan

27. Nama lain dari
sifat serakah adalah …

a. Bakhil                 b. Tama’
c. Hemat                      d. Qona’ah

28. Qorun adalah salah satu orang yang terkenal dengan
sifat kikir dan serakah, ia hidup di zaman …

a. Nabi Isa AS                               c.
Nabi Musa AS

b. Nabi Muhammad Saw                d.
Nabi Ibrahim AS

29. Akibat orang yang
mempunyai siddat kikir adalah …

a. Disenangi oleh teman

b. Dihormati oleh masyarakat

c. Dibenci oleh lingkungan dan masyarakat

d. Selalu dipuji-puji

30. Peristiwa Qorun dengan sifat kikir dan keserakahannya,
telah dicantumkan  Allah di dalam
firman-Nya surat …

a.
Surat Al-Baqoroh ayat 23                       c.
Surat An-Nisa’ ayat 3

b.
Surat Al-Qosos ayat 81              d.
Surat Al-Fatihah ayat 4

II. Isilah titik-titik dibawah ini dengan jawaban yang
tepat !

1.
Apa arti dari bacaan إناالله
وإنا إليه
راجعون
  itu ?

2.
Apa arti dari sifat Al-baqi itu ?

3.
Kemukakan enam macam dari sikap teguh pendirian !

4.
Sebutkan enam macam cara menghormati tetangga !

5.
Apa balasan dari orang yang bersifat kikir ?



LAMPIRAN

DATA
NILAI PEROLEHAN SISWA/I MI DARUN NAJAH

 

No

NAMA

Item Soal Multiple Choice (Pilihan Ganda)

BPG

SPG

SKPG

Item Essay

SKE

NA

1

2

3

4

5

6

7

8

9

10

11

12

13

14

15

16

17

18

19

20

21

22

23

24

25

26

27

28

29

30

1

2

3

4

5

1

NURUL FAKRINI

 

 

 

 

 

 

 

X

 

 

 

 

 

 

 

 

 

X

X

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

27

3

26

3

4

3

4

3

17

8.6

2

SABRINA AISYAH PUTRI

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

X

X

 

 

 

 

 

 

 

X

 

 

 

X

26

4

25

3

4

3

4

2

16

8.2

3

IZZATIN NASIKHA

 

X

 

 

 

 

X

 

 

 

 

 

X

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

27

3

26

4

1

3

4

3

15

8.2

4

LAILA ZAHIRO

 

 

 

 

 

 

X

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

X

28

2

27

4

4

1

3

1

13

8

5

QURROTUL AINIYAH

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

X

X

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

X

27

3

26

3

4

1

3

1

12

7.6

6

ZAINAB

 

 

 

 

 

X

 

 

 

 

 

 

 

X

X

 

 

X

 

 

 

 

 

 

 

X

 

 

 

 

25

5

23

3

4

2

3

3

15

7.6

7

M. RIFQI ARDIANSYAH

 

 

 

 

 

 

X

 

 

 

 

 

X

X

 

 

 

 

X

 

 

 

 

 

 

 

X

 

 

X

24

6

22

3

4

2

3

4

16

7.6

8

NUR NABILLA WARDANI

 

X

 

 

 

 

X

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

X

 

X

26

4

25

3

1

2

4

3

13

7.6

9

AVIDA VIRYANI

 

 

 

 

 

X

 

 

 

 

 

 

 

X

X

 

X

X

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

25

5

23

4

4

2

4

0

14

7.4

10

ABDUL ROHMAN

 

 

 

 

 

X

X

X

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

X

 

 

X

 

 

 

 

 

 

 

 

25

5

23

3

4

2

2

3

14

7.4

11

M. AINUN NAJIB

 

 

 

 

 

 

X

 

 

 

 

 

X

X

X

 

X

 

 

 

 

 

 

 

 

X

 

 

 

X

23

7

21

4

4

2

2

4

16

7.4

12

M. SHOLIHUDDIN AL- AYYUBI

 

X

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

X

X

X

 

 

X

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

25

5

23

3

1

2

2

4

14

7.2

13

DEVI PUSPITA SARI

 

 

 

 

 

 

X

 

 

 

 

 

 

X

 

 

X

 

X

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

26

4

25

3

1

2

2

3

11

7.2

14

LAILATUR ROHMAH AGUSTINA

 

X

 

 

 

 

X

 

 

 

 

 

 

X

 

 

 

 

 

 

 

 

X

 

X

 

X

 

 

 

24

6

22

4

1

2

2

4

13

7

15

ROSI RAHMANIYAH

 

X

 

 

 

 

 

X

 

 

 

 

 

 

 

 

X

X

X

 

 

 

X

 

X

 

X

 

 

 

23

7

21

4

1

2

3

3

13

6.8

16

M. WAHYU AFANDI

 

X

X

X

 

 

 

 

 

 

 

 

X

X

X

 

 

 

 

 

 

X

 

 

 

 

 

 

 

X

22

8

19

4

4

1

4

2

15

6.8

17

M. BAHRUL JAILANI

 

X

 

 

 

X

X

 

 

 

 

 

 

X

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

X

25

5

23

4

1

2

2

1

10

6.6

18

MUHAMMAD FIKRI

X

X

X

 

 

X

 

 

 

 

 

 

X

 

X

 

 

 

 

 

X

 

 

 

 

X

X

 

 

 

22

8

18

3

1

4

4

3

15

6.6

19

ANDI ZAKARIA

 

 

X

 

 

 

X

X

 

 

 

 

 

 

X

 

 

X

 

X

 

 

 

 

 

 

 

 

X

 

 

23

7

21

3

1

1

4

2

11

6.4

20

M. CHAYIYA ZUMMA

 

X

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

X

X

 

 

 

X

 

 

 

 

 

 

X

X

 

 

X

23

7

21

3

1

1

3

3

11

6.4

21

SYAHRUL ROMADHONI

X

X

X

 

X

 

X

X

 

X

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

X

 

 

 

 

 

 

20

10

17

4

1

2

4

4

15

6.4

22

ANA RIZKYYA FIRDAUS

 

X

 

 

 

 

X

 

 

X

 

 

 

 

 

 

 

 

X

 

 

X

X

 

X

 

X

 

 

 

22

8

19

3

1

2

3

1

10

5.8

23

M. BAHTIAR

 

X

 

 

 

 

X

X

 

X

 

X

 

 

X

 

 

X

X

 

X

 

 

 

 

 

X

 

 

X

19

11

15

4

1

2

3

0

10

5

24

M. HAIDAR FIRMATO

X

X

X

 

X

 

X

X

 

 

X

X

X

X

X

X

X

X

X

X

 

X

X

 

 

 

X

 

 

 

11

19

15

3

1

0

3

3

10

5

25

M. NIDOM IWANUM MUBIN

 

X

 

 

X

 

 

X

 

 

 

 

X

X

X

 

 

X

X

X

X

 

 

 

 

 

 

 

 

X

19

11

15

3

1

0

3

2

9

4.8

26

DWI VIRGA ARIYANI

X

X

X

 

X

 

 

 

 

 

 

 

 

X

X

 

X

X

X

X

X

 

 

 

 

X

 

 

 

 

18

12

14

1

1

1

3

3

9

4.6

27

NIDYA APRILIA RIZQIYANTI

 

X

 

 

X

X

X

 

 

 

 

 

X

 

 

 

 

X

 

 

 

X

 

X

 

 

X

X

 

X

19

11

15

1

1

1

2

0

5

4

28

JAINUL ARIFIN

 

X

X

 

 

 

X

X

 

 

 

 

 

X

X

X

X

X

 

 

 

 

X

 

X

X

X

X

 

 

15

15

10

4

1

0

3

2

10

4

29

LAILATUL CHOIRIYAH

 

X

 

X

 

X

X

 

 

 

 

 

 

X

X

 

 

X

X

 

X

X

X

 

X

X

X

 

 

 

16

14

11

1

1

1

3

1

7

3.6

30

M. AGUNG ANGGA S.

 

X

 

 

X

X

 

X

 

X

 

X

X

X

X

 

X

X

X

X

 

 

 

X

 

X

 

X

 

 

14

16

10

3

1

1

2

1

8

3.6

31

USMAN ADI SAPUTRA

 

 

 

X

X

X

X

X

 

 

 

 

X

X

X

X

 

X

 

 

X

X

X

X

 

X

X

 

X

 

12

18

6

1

4

0

3

3

11

3.4

32

M. AMIRUL MUKMININ

 

 

X

 

X

X

X

X

 

X

X

X

 

X

X

X

 

 

X

X

X

X

 

 

X

 

X

 

 

X

12

18

6

4

0

1

1

1

7

2.6

33

SYAMSUL HADI

 

X

X

 

 

 

X

X

X

 

 

 

 

X

X

 

X

X

 

X

X

X

X

X

X

X

X

X

 

X

10

20

3

3

1

0

3

1

8

2.2

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: